Kuliah Kerja Nyata

Jenis-jenis KKN UMSurabaya Tahun 2019

  1. KKN Reguler  
  2. KKN CSR (Campus Social Responsibility) one to one
  3. KKN CSR (Campus Social Responsibility) tematik
  4. KKN KP-KAS
  5. KKN Muhammadiyah untuk Negeri
  6. KKN Internasional
  7. KKn Etnografi

KKN REGULER

KKN Reguler adalah proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian oleh mahasiswa bersama dosen pembimbing dengan melibatkan masyarakat secara aktif melalui program yang terencana dan terukur sebagai sarana penerapan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki mahasiswa. Selama satu bulan mahasiswa bersama DPL akan belajar dan membantu masyarakat dalam mengembangkan desa wisata berbasis kearifan lokal.

Tempat Wonosalam, Jombang

Durasi 1 Bulan

KKN CSR (Campus Social Responsibility) one to one

KKN CSR One to One adalah pendampingan untuk anak-anak yang bermasalah dalam hal sosial, anak putus sekolah dan rentan putus sekolah. Mahasiswa akan memberikan motivasi, melakukan pendampingan belajar dan memfasilitasi adik asuh agar bersedia untuk bersekolah dengan mencarikan sekolah sesuai dengan riwayat putus sekolah serta mengontrol perkembangan pendidikannya. Agar adik asuh dapat belajar dengan baik, pendampingan dilakukan selama satu tahun.

Tempat Surabaya

Durasi 8-10 bulan

KKN CSR (Campus Social Responsibility) tematik

KKN CSR Tematik adalah pendampingan kepada kelompok masyarakat dalam usaha pemberantasan buta aksara, pengelolaan lingkungan, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, pengembangan kesadaran politik dan hukum, pemberdayaan perempuan dan kelompok rentan, pengembangan kehidupan sosial-budaya berbasis kearifan lokal, peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan infrastruktur wilayah, pengembangan teknologi informasi dan komputer, dan mitigasi kebencanaan. Mahasiswa melakukan pendampingan selama satu bulan. Dilaksanakan juga di beberapa Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinsos, diantaranya :

  1. Liponsos Kalijudan (Penanganan anak ABK)
  2. Liponsos Keputih (Penanganan gelandangan dan pengemis)
  3. Kampung Anak Negeri (Penanganan anak jalanan)
  4. Graha Wreda (Penanganan Lansia)

Pelaksanaan minimal 18 kali pertemuan

Dilaksanakan selama 2 Bulan di Surabaya

KKN KP-KAS

KKN KP-KAS adalah pendampingan yang dilakukan di kampung-kampung yang ada di Surabaya dalam mewujudkan Kampung Pendidikan Kampunge Arek Suraboyo. Mahasiswa bersama DPL membantu masyarakat dalam mewujudkan kampung aman, sehat, bersih, edukatif, kreatif, inovatif, dan layak anak. Mahasiswa akan mendampingi masyarakat selama tujuh bulan.

Tempat Surabaya

Durasi 7 Bulan

KKN Muhammadiyah untuk Negeri

KKN Muhammadiyah untuk Negeri adalah proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian oleh mahasiswa bersama dosen pembimbing dengan melibatkan masyarakat Bengkulu secara aktif melalui program yang disusun bersama sebagai usaha pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa akan belajar dan melakukan pendampingan selama satu bulan.

Tempat Bengkulu

Durasi 1 Bulan

KKN Internasional

KKN Internasional adalah proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian oleh mahasiswa bersama dosen pembimbing dengan melibatkan masyarakat internasional melalui program yang terencana dan terukur sebagai sarana penerapan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki mahasiswa. Selama tiga bulan mahasiswa bersama DPL akan belajar dan membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

Tempat Thailand

Durasi 3 Bulan

KKN Etnografi

KKN Etnografi adalah proses penggalian informasi peta dahwah oleh mahasiswa bersama DPL.  Melalui studi etnografi cepat (satu bulan) mahasiswa dapat mendeskripsikan situasi dan kondisi lapangan, menganalisis, dan melakukan penarikan simpulan terkait peta dakwah Muhammadiyah di Surabaya.

Tempat Surabaya

Durasi 1 Bulan

Pendaftaran KKN melalui link di bawah ini
http://lppm.um-surabaya.ac.id/download/

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Chelvy 082257999624