PROFIL PUSAT STUDI STUNTING DAN GIZI ANAK

Pusat Studi Stunting dan Gizi Anak (Research Center of Stunting and Nutrition), merupakan salah satu pusat studi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surabaya. PSSGA didirikan untuk mendukung pengembangan tri darma perguruan tinggi terutama dalam melakukan penelitian-penelitian di bidang stunting, pangan dan gizi serta memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pusat Studi ini didukung oleh para pakar di bidang kesehatan anak, keperawatan, dan gizi dan bidang-bidang terkait di lingkungan UMSurabaya. Para pakar sebagian besar bergelar Doktor lulusan universitas terkemuka baik dalam maupun luar negeri, dan teknisi-teknisi laboratorium terlatih dan berpengalaman. Fasilitas yang tersedia berupa laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan analisis dan pengujian, serta penunjang penelitian dan pendidikan lainnya.

Visi     :

Menjadi pusat studi di lingkungan UMSurabaya yang unggul dalam bidang stunting dan gizi anak berbasis produk pangan lokal melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk
mendukung tri dharma perguruan tinggi.

Misi    :

  1. Meningkatkan fasilitas dan kualitas laboratorium PSSGA dan peran dalam deteksi dini,  pencegahan stunting
  2. Meningkatkan kerjasama penelitian dengan mitra nasional dan  internasional.
  3. Melakukan kajian- kajian multidisiplin isu-isu stunting dan modifikasi makanan bergizi untuk anak stunting.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menyediakan jasa pelayanan konsultasi stunting, penelitian, konsultasi gizi anak, pelatihan pengolahan makanan pada anak dengan masalah gizi, pemantauan tumbuh kembang balita dengan masalah gizi  dan informasi tentang stunting dan gizi anak.
  5. Mempublikasikan dan desminasi hasil kajian ilmiah dan menyebarluaskan media sosial untuk menurunkan angka stunting dan peningkatkan   gizi pada anak .

Tujuan            :

  1. Meningkatkan potensi modifikasi makanan pendamping pada anak dengan gizi kurang yang digali melalui penelitian komprehensif dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Sebagai fasilitator dalam upaya penurunan angka stunting dan peningkatan gizi pada anak.
  3. Komersialisasi produk makanan bergizi pada anak.