Artikel

Monitoring dan Evaluasi Internal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Hibah Pendanaan 2021

  • Di Publikasikan Pada: 04 Dec 2021
  • Oleh: Admin

Dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas dari suatu penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkup perguruan tinggi, maka perlu dilakukannya suatu monitoring dan evaluasi (Monev). Monitoring dan Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan penelitian & PKM yang hasilnya dijadikan parameter keberhasilan pencapaian tujuan, atau sebagai dasar pertimbangan bagi keberlanjutan penelitian tersebut.

Selasa 30 November 2021, LPPM UM Surabaya mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi  Internal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Hibah Pendanaan tahun 2021 yang berlangsung secara luring di Gedung ATT Lantai 11, pukul 09.00 – 12.00. Tujuan dari monev kali ini adalah untuk mengetahui progres pelaksanaan penelitian dan laporan kemajuan. Serta menilai sejauh mana tujuan penelitian tercapai, dan progres luaran dari penelitian/ pengabdian. Penyampaian kendala yang dialami di lapangan, dan rencana agenda selanjutnya sesuai roadmap.

Dalam hal ini turut mengundang Wakil Rektor 1, Dr. M. Ridlwan, M. Pd. sekaligus membuka acara monev. Dalam kesempatan tersebut, beliau memberikan apresiasi terhadap dosen yang telah berhasil mendapatkan hibah pendanaan 2021. Beliau menyampaikan bahwa hal ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban dari maisng-masing dosen penerima hibah yang telah mendapatkan dana hibah Kemendikbud Ristek. “Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan agar semua dapat mengetahui bagaimana kesiapan dari para tim peneliti terkait dengan progres laporan untuk hibah yang telah dimenangkan. Karena hal ini akan memberi kesempatan UM Surabaya untuk dapat memenangkan hibah dikemudian waktu dapat terus terjaga dengan baik,”ujarnya.

Selain itu, Dede Nasrullah, S.Kep.,Ns.,M.Kep. selaku Kepala LPPM menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memonitoring kemajuan penelitian dari peneliti yang mendapatkan hibah pendanaan 2021 dari Kemenristik Dikti. “Semoga kedepannya, proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan UM Surabaya mengalami peningkatan, Demikian pula jumlah dana yang dihibahkan ke peneliti” jelasnya.

Kegiatan ini dihairi oleh Reviewer Internal, Dr. M. Ridlwan, M. Pd, DrWiwi Wikanta, M.Kes, Dr Betty Ariani ST MT, DrAsri Wijayanti.,SH.,MH. Terdapat 4 judul penelitian yang dilakukan monitoring dan evaluasi yang terdiri dari 1 pengabdian  skema PPUPIK, 2 penelitian skema Penelitian terapan unggulan perguruan tinggi dan 1 penelitian skema penelitian dasar. Keempat penelitian ini merupakan hibah Kemendikbud Ristek tahun  pendanaan 2021 multiyears, artinya ini tahun pertama dan akan berlanjut pada tahun berikutnya.

Monitoring dan Evaluasi dimulai dengan para peneliti mempresentasikan progres luaran yang telah di rencanakan serta kendala yang didapatkan. Kemudian mendapatkan masukan dan saran dari reviewer untuk hasil laporan yang lebih baik. Acara monev berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan foto bersama.